D'JAM KARET; ROCK N ROLL BAND from BANGKALAN

Satu lagi CD album band dalam negeri sampai di meja admin dan meluncur manis ke CD player untuk dispin. Genre yang diusung adalah rock n roll, genre yang bisa dibilang langka untuk menelurkan sebuah karya. Saat ini kebanyakan band-band bergenre tersebut asik berkutat sebagai tribute band. Admin sangat mengapresiasi kawan-kawan dari band D'JAM KARET untuk bersusah payah melahirkan sebuah album. Sebelum admin me review isi perut album self titled yang dirilis pada tanggal 18 Februari 2020 ini marilah kita simak dulu sejarah perjalanan band ini yang ditulis langsung oleh gitarisnya.



Di awali dari kevakuman dunia musik di kota kecil Bangkalan, Madura, salah satu musisi lokal, Hendra Gemma, gitaris yang sudah tak asing di kota ini diusik oleh ajakan para musisi-musisi Rock senior di Surabaya untuk ikutan mengisi album kompilasi (ROCKLAW#2). Karena belum ada group yang akan diusung nya maka Hendra mulai kontak Anto, gitaris lokal juga yang kemudian banting setir untuk mengisi posisi vokal, karena pernah berkarya bersama di masa sebelumnya. Maka mulai dibentuklah band duo yang dimotori si Hendra (Gitar) & Anto (Vocal & Gitar) dengan nama D'JAM KARET pada bulan Mei 2016. Setelah formula musik yang diciptakan mulai semakin kuat dalam konsep, baik dari segi musik, lirik & lagunya maka mulailah mengumpulkan banyak materi untuk dibuat sebuah full album.



Mau tahu gimana sih musik & lagu-lagu D'JAM KARET...? 
Tak disangka dari kota kecil Bangkalan ini mereka melahirkan karya-karya bergenre Bluessy Hard Rock dengan sentuhan nuansa Glam, Rock'N Roll & Ballads. Dan pastinya mayoritas bernuansa musik dan lirik-lirik bule. Kita ingin menawarkan konsep musik rock yang utuh, tanpa ada pembatasan atau pengkotakan dalam bermusik, maka dalam proses pembuatan materi kita ingin menghilangkan batasan-batasan itu sehingga tidak ada lagi istilah ini rock Indonesia, rock kapak, rock Jawa ataupun rock Bali dan lain lain. 

Maka untuk proses recording selanjutnya mulailah Hendra dan Anto mencari personil lainnya, hingga dicomotlah Ruli (bass) & Akbar (Drum). Sedang untuk posisi keyboard diisi oleh additional player antara lain Lucky, Hendra Tole, Panji dan Yudha.

Salah satu keunikannya, motor band ini mempunyai latar belakang yang beda tapi memiliki soul & passion yang sama dalam berkarya. Si Hendra Gemma dengan latar belakang bermusik formal dan wawasannya yang sangat luas yang juga hobby mengoleksi CD, sedangkan si Anto dengan latar belakang autodidak yang suka bermain dengan style dan karakter. Sehingga lahirlah warna D'Jam Karet yang khas.
Hendra memilih style sound guitar yang nge drive tanpa perlu terlalu banyak efek tapi lebih menonjolkan pada soulful dalam bluessy hardrocknya, sedangkan Anto dengan karakter Rock'N Roll, Hard rock & Garace.
Sementara si Rully, Akbar dan additional player keyboard mereka dengan musikalitas yang sangat mumpuni mampu memberi soul dan passion yang fresh dalam musik D'jam Karet. Influence kita dalam bermusik cukup banyak, sebut saja beberapa band luar yang sangat memberi inspirasi kami seperti AC/DC, Poison, GNR, Extreme dan masih banyak lagi deh.


Dalam album perdana Self Title D'JAM KARET dibantu juga oleh musisi kawakan Surockboyo sebut saja ada Mas Endro Endraswara dan Mas Raymond Ariaz (keduanya Ex band Power Metal). "Kami sangat mengharapkan masukan-masukan dari musisi senior yang sudah sangat berpengalaman itu," ujar Hendra sehingga apa yang akan dbikinnya bisa sesuai dengan ekspektasi. Anto juga menambahkan bahwa dalam album ini berisikan lagu-lagu yang bertema tentang perjalan hidup, Spirit, Soul emotions, love, dan juga social critical. Sebut saja dalam lagunya yang diberi judul Blaze of Rock'N Roll, Mysterious Love, This Long Road Will Take You Home, Black Gum Sissy, Before I Die.. Dan lainnya..

Alhamdulillah dari proses rekaman musik kita ditempuh dalam waktu kurang lebih 2 tahun, dan merasa bersyukur sekali kita bisa merampungkan ditahun 2020 ini. Dengan selesainya target recording musik maka kami langsung prepare pembuatan Video klip pertama buat D'jam Karet, kebetulan single yang diandalkan untuk videoklip pertama lagu berjudul "Blaze Of Rokenroll" dalam pembikinan videoklip kemarin hari selasa, Tgl 18 Februari 2020, kami melibatkan beberapa temen temen seniman putra daerah semua, baik itu dari yang menangani soal director, kameramen, make up artis, talent. Mudah-mudahan kedepan harapan kami bisa memberi spirit buat seluruh pelaku seni khususnya di Kabupaten Bangkalan dan umumya diluar Bangkalan dalam meramaikan iklim berkesenian yang positif demi nama baik daerah.
Sesuai dengan motto kami berlima " Seniman itu profesi, membuat karya sendiri dan menjadi suksess adalah bonus.
Seniman tetaplah Seniman...
Sampai kapanpun tidak hilang dalam jiwa..
Sekarang tergantung niat, usaha dan kesempatan.. Salam seni budaya!!


Demikian uraian singkat tentang profil D'jam Karet, pertama admin akan membahas art work kover. Art work nya tipikal album rock n roll banget. Sedikit nakal tapi tak vulgar dengan menyertakan kover-kover album band ternama yang tentu menjadi inspirasi mereka dalam bermusik. Kedua, tentang musiknya sendiri, sama persis seperti yang mereka uraikan di awal tulisan. Dibuka dan ditutup dengan musik etnik Madura merupakan poin plus. Rock n roll dengan sentuhan blues yang easy listening menjadi pilihan tepat. Admin pikir segala kalangan baik semua kelompok usia bisa menikmati sajian lagu-lagu yang mereka tawarkan. Karakter vokal Anto bisa melebur dengan musik yang dialirkan oleh kawan-kawannya. Mixing yang dikerjakan menghasilkan output audio yang enak di telinga. Balancing nya dapet sehingga tidak ada suara-suara yang mengganggu. Album yang layak dikoleksi buat pecinta musik tanah air.

Overall admin memberi poin 8,8 untuk album ini.

Posting Komentar

0 Komentar