TUMENGGUNG ; HEAVY METAL SOUND from JOGJAKARTA

Di tengah pandemi virus corona, hari ini telah rilis album perdana dari sebuah band yang tumbuh di Jogjakarta bernama Tumenggung. Sebelum rilis album perdana ini, band yang mengukuhkan diri di jalur heavy metal ini telah menjajal bebagai panggung, bahkan 2019 lalu merasakan sepanggung dengan band funk rock legendaris asal Boston USA yaitu Extreme di ajang Jogjarockarta. Album ini diberi judul Soul Of Steel yang berisikan 10 komposisi heavy metal bergizi.




Sebelum me review album ini, lebih baik tahu sejarah terbentuknya band ini. Tumenggung sendiri sebenarnya terbentuk pada tahun 2007 di Madiun. Pada tahun 2009 mereka hijrah ke Jogja untuk mencoba peruntungan dan mendapatkan panggung lebih besar. Line up saat ini adalah ARIF WAHYU RAMADHAN (gitar/vokal), RIZALDY ADRIANANDA (gitar) dan ARDHY DWIATMOKO (bass). Pada proses recording sebenarnya mereka mempunyai drummer tapi sebelum rilis album sudah cabut duluan. Untuk kepentingan konser mereka menggunakan additional drummer sampai sekarang.

art work album

Opening album ini berjudul Steel March yang memberi kesan megah dan khas nuansa metal. Tiga lagu pertama yaitu Soul Of Steel, Mata Pisau dan Gemuruh lebih bernuansakan power metal dengan power shred yang harmonis. Aura old school heavy metal baru terasa di lagu Heavy Metal Is God. Dengan riffs ala Judas Priest serta tarikan vokal yang matang dari Arif seolah membawa kembali kejayaan heavy metal di era milenial ini. Restless Horse adalah lagu yang soft yang tak bertemakan cinta cengeng tapi asik untuk disimak. Empat lagu sisanya digeber habis Tumenggung masih bernuansakan heavy metal. Jangan harap ada lagu balada di album ini... hehe....


Sebelumnya penulis sempat bertanya langsung ke Arif, apakah selama proses penciptaan lagu-lagu di album ada mendengarkan band-band tertentu sebagai referensi. Ternyata jawabnya tidak ada, jadi semua lagu yang ada di album ini murni keluar dari hati dan mood. Album ini mixing dan mastering nya dikerjakan oleh Arif Ramadhan sendiri, bahkan Arif juga dipercaya untuk mixing dan mastering album terbaru Death Vomit.


admn bersama frontman Arif Ramadhan

Soul Of Steel adalah album yang wajib koleksi bagi pecinta heavy metal, secara khusus penulis memberi nilai 8,3/10. Track favorit penulis adalah Heavy Metal Is God.


Posting Komentar

0 Komentar